Review singkat padat dan jelas BlackBerry Q5 second! yang penasaran sama OS10 masuk gan

Ini adalah pertama kalinya saya nyobain BlackBerry OS buat daily driver. Khususnya OS10. OS10 ini beda banyak dan beda jauh banget sama BlackBerry versi OS10 ke bawah. Yang pasti jauh lebih asyik, fleksibel, dan banyak kelebihannya dari OS sebelumnya. Di OS10 ini kita bisa install aplikasi berformat .apk (aplikasi untuk android) dengan gampang bin mudah. kalau kata iklan sossis: tinggal lep. Walau gak semuanya berjalan lancar, tapi ini sungguh sesuatu yang baru dan mengasyikan bagi saya.


Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa artikel yang ada di internet, katanya OS10 di BlackBerry ini base nya android JellyBean 4.3. CMIIW. makanya beberapa aplikasi android seperti Tweetcaster, path, uc browser, shareIt, berjalan mulus tanpa kendala berarti. Kecuali path. Bisa dibuka, jalan, tapi agak nyendat kayak orang yang lagi curhat sambil menahan isak tangis karena baru saja diitinggal gitu aja pas lagi sayang2nya.


BlackBerry OS10 ini pengen banget dibilang android. Ini (sudah) android, tapi android yang gak sepenuhnya android. lha?. Seperti orang yang ngaku sudah move on tapi masih sering ngebayangin hari2 indah di masa lalu. Hiks. 

Instagram, joox; bisa diinstall tapi gak bisa jalan. Bisa jalan, tapi tanpa status yang jelas. Ini larinya kemanaaaaaa......

Hal pertama yang saya suka dari BlackBerry Q5 ini sudah pasti speakernya. Hp seken ratusan ribu ini kualitas speakernya berasa hape seken 2jt an. Best. Ini sangat baik, saya berani bilang kualitas suara yang dihasilkan oleh hape ini sejajar dengan suara2 hape HTC. kemudian konektivitasnya, atau jaringannya, yang sudah mendukung 4G LTE dengan lancar aman jaya sentosa. ini harga sekennya cuma ratusan ribu lho. di tambah lagi RAM yang 2GB, processor snapdragon S4 Plus (yang saya gak paham banget kualitasnya, tapi asal snapdragon bagus aja udah), dan resolusi layarnya yang 720 x 720 pixels (~328 ppi pixel density). ya jernih lah, layarnya cuma 3.1 inchi hihih.


Kamera belakang yang 5MP dilengkapi dengan LED flash, HDR, dll, dan kamera depannya yang 2MP menurut saya sangat jauh dari mengecewakan. mengingat harganya hanya ratusan ribu. 500rb lebih dikit. cari aja di olx daerah masing2. cari yang batangan aja, biasanya lebih murah. atau kalau mau yang ini juga mau dijual. batangan juga. ehe. ehe. ehehehe.




kualitas gambar yang dihasilkan cukup lah buat pamer lontong di sosmed.



daya tahan baterai juga lumayan bagus. tidak jelek2 amat. ini hp seken loh. blackberry lagi. 



ada beberapa hal aneh di BlackBerry ini. BBM asalnya dari BlackBerry, kan? Pertanyaannya adalah kenapa BBM di BlackBerry ini banyak kurangnya? Upload foto gak bisa, ngelike foto/status di BBM gak bisa. Kalah banyak dari BBM versi android. Anak kandung yang di perlakukan seperti anak tiri.


hal aneh kedua kenapa hape ini harganya murah banget?! ya emang bukan seharga martabak durian, tapi untuk kelas smartphone, harusnya dengan spek segini menurut hemat saya harga sekennya harusnya masih 1jt-an. mungkin ini efek dari 'hancurnya' nama BlackBerry di dunia per-smartphone-an, sehingga berlakunya hukum ekonomi supply and demand. buset euG keren banget ngomong gini.

sementara itu.....
untuk mengatasi pemasalahan instagram dan joox tadi, solusinya buka saja instagram via browser, dan buat mutar lagu (online) buka soundcloud via browser juga.

Bolehkah saya sebut ini lifehacks? wkwkwk. Konsekuensinya adalah yang paling terasa bedanya-kurangnya instagram via browser dengan versi aplikasinya adalah nggak adanya instastory, dan live IG. Meski tak sesempurna aplikasi, tapi cukup lah buat mengobati kegundahan hati dikala sepi.

ada juga sih aplikasi alternatif buat buka instagram via aplikasi di appworld. tapi menurut saya tampilannya kurang menarik. mungkin karena sudah terbiasa dengan tampilan yang ada di android. ada juga sih perempuan lain untuk dicintai, tapi menurut saya kurang menarik, karena sudah banyak kebiasaan yang saya lalui dengan kamu, sehingga saya takut mereka yang baru tak bisa melakukan hal yang biasa kita lakukan bersama. tsaaaah ~ 



lalu bagaimana dengan soundcloud? Kenapa tidak dengan aplikasi soundcloud dari appworld? Saya juga tidak tau kenapa aplikasi soundcloud di BlackBerry ini tidak bisa login. Mungkin ini di hp saya aja. Padahal itu aplikasi resmi soundcloud untuk BlackBerry yang di appworld. Seharusnya tidak ada masalah. Tapi di hp saya bermasalah. Mungkin ini di hp yang saya pakai aja. 

ternyata di BlackBerry yang lain juga tidak bisa dibuka. hehehe.

sekian riview singkat ini. kesimpulannya adalah...... 

kalau penasaran sama OS10 beli aja, gak akan kecewa. karena murah. kalau mahal ya kecewa juga. anjay ahahaha. buat daily driver sebenarnya juga enak, asal tidak protes pada beberapa kekurangan yang sudah saya sebutkan diatas.

ingat, ini gak sapai sejutaan. gak boleh banyak2 protes.

ps: ini hape beneran mau dijual. minat serius WA 085363549919. COD pekanbaru, kirim2 via JNE trx via toped or bukalapak. 

btw, curhat2 yang nyelip di atas terinspirasi dari kisah seorang teman di timeline twitter saya. follow twitter saya @aperiandi, nanti saya kasih tau yang mana orangnya.






4 comments:

  1. Terima kasih review nya bro. BB yang keren nih

    ReplyDelete
  2. BB OS10 bagus tuh.. jadi pengen upgrade.. makasih ulasannya...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. BCLC Gaming to introduce mobile-first casino - JTM
    BCLC Gaming and its 평택 출장안마 subsidiary Encore, have entered into 충청북도 출장안마 an 경상북도 출장안마 agreement to integrate the use 김포 출장샵 of 안양 출장안마 a mobile application in online gambling.

    ReplyDelete

pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak setelah membaca. semoga kita masuk surga.ingat, ini kolom untuk komentar, bukan untuk ninggalin jejak.

Powered by Blogger.